Profil

Umbul Ponggok

Umbul Ponggok merupakan salah satu unit usaha wisata dari Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa) Tirta Mandiri Desa Ponggok. Unit usaha ini dikembangkan oleh BUMDesa Tirta Mandiri sejak tahun 2010 dengan memanfaatkan kedalaman dan kejernihan air serta luasan kolam Umbul Ponggok untuk kegiatan foto/video underwater, snorkling, diving dan walker. Air di Umbul Ponggok bersumber dari mata air yang keluar langsung dari dalam tanah secara terus menerus dengan debit lebih dari 800 L/det, sehingga airnya terasa dingin, segar dan bersih. Sirkulasi air di dalam kolam Umbul Ponggok terjadi secara alami, dasar kolamnya juga alami dengan hamparan pasir bersih dan bebatuannya. Di dalam kolam juga hidup ribuan ikan warna warni dari berbagai jenis dengan ukuran besar seperti ikan mas, koi, bawal, dan ikan hias lainnya. Keberadaan ikan hias ini tidak mengganggu aktifitas pengunjung tetapi akan menjadi daya tarik utama untuk background foto/video underwater.

Umbul Ponggok merupakan sumber mata air alami yang segar dan sangat jernih, dikembangkan menjadi wisata snorkling, diving, foto underwater. Kolam alami ini sudah ada sejak zaman Belanda, dengan ukuran 50 x 25 meter dan kedalaman rata-rata 1,5 – 2,6 meter. Dasar Umbul Ponggok masih sangat alami berupa hamparan pasir nan luas, bebatuan, dan ribuan ikan warna-warni sehingga suasananya benar-benar seperti dibawah laut. Meski dipenuhi ikan, air di Umbul Ponggok ini tidak amis sebab airnya mengalir terus-menerus.

Salah satu hal yang harus dilakukan saat berada di Umbul Ponggok adalah melakukan sesi pemotretan di dalam air. Bagi pengunjung yang tidak memiliki kamera underwater tidak perlu khawatir. Di Umbul Ponggok terdapat jasa penyewaan kamera underwater dan sudah termasuk operator kameranya. Juga menyediakan Paket Diving, Paket Power Dive ( walker ), persewaan alat dan property untuk foto, Ponggok Warrior Adventure. Silahkan pengunjung langsung menghubungi pengelola yang berada di dalam lokasi Umbul Ponggok.